Senin, 13 Agustus 2012

10 Selebriti Dunia Yang Punya Gelar Honoris Causa

Gelar kehormatan atau yang lazim dikenal dengan nama honoris causa kerap diberikan pada selebriti atas prestasi mereka di bidang seni. Dikutip US Weekly, 10 selebriti dunia berikut ini pernah mendapatkan gelar honoris causa dari berbagai universitas. Siapa saja?



1. Kylie Minogue



Pada 2011, Kyalie mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universita Angela Ruskin, Inggris.



2. Jack Nicholson


Bintang film 'As Good as It Gets' itu diberi gelar Doctor of Fine Arts dari Universitas Brown, Rhode Island, Amerika Serikat pada 2011.



3. Orlando Bloom


Aktor tampan suami Miranda Kerr ini mendapatkan gelar kehormatan dari Universitas Kent, Inggris pada 2010. Universitas tersebut berada di kota tempat Bloom dibesarkan yaitu Canterbury. "Aku tinggal di dekat universitas jadi tempat ini sudah seperti taman bermainku. Ini suatu kehormatan besar," katanya usai menerima gelar.



4. Merly Streep


Aktris yang sering mendapatkan piala berkat kepiawaian aktingnya ini diberi gelar kehormatan oleh Universitas Harvard pada 2010. Bagi Streep, gelar kehormatan ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya aktris lulusan Universitas Yale ini juga pernah mendapatkan gelar serupa Doctorate of Fine Arts dari tempatnya kuliah itu pada 1983.



5. Aretha Franklin


Menghormati Ratu Soul Amerika ini, sejumlah universita memberikan gelar kehormatan pada Aretha Franklin. Penyanyi berusia 70 tahun itu mendapatkan gelar Doctor of Music dari Berklee College of Music pada 2006. Gelar serupa juga pernah didapatnya dari Universita Pennsylvania (2007) dan Yale (2010).



6. Sir Sean Connery


Aktor James Bond ini mendapatkan gelar honoris causa dari Edinburgh Napier University, Inggris pada 2009. Kota Edinburgh merupakan tempat Sean Connery dibesarkan dan sempat menuntut ilmu di sana hingga usianya 13 tahun.



7. Celine Dion


Penyanyi yang tidak menyelesaikan sekolah menengah atasnya ini mendapatkan gelar kehormatan dari Universitas Laval, Quebec. Dion dipilih atas prestasinya dan karyanya di dunia musik.



8. Sir Paul McCartney


Mantan personel The Beatles ini menerima Doctor of Music Award dari Universitas Yale pada 2008.



9. Oprah Winfrey


Oprah sudah beberapa kali meraih gelar kehormatan, di antaranya dari Universitas Howard, Washington, AS pada 2007, Universita Duke, Durham, AS pada 2009 dan Universitas Free State, Afrika Selatan pada 2011.



10. Steven Tyler


Rocker yang pernah jadi juri American Idol ini tampil nyentrik dengan kalung tengkorak saat menerima gelar kehormatannya dari Berklee College of Music pada 2003.