Minggu, 12 Agustus 2012

Hikmah Puasa, Momen Unik yang Tak Terlupakan di Hari Kemenangan







Alhamdullilah sebentar lagi bulan ramadhan akan berlalu:travel gan :mewek,. Dan banyak pembelajaran yang dapat kita ambil dari bulan penuh ampunan tersebut, salah satunya dapat menahan "nafsu" marah dan menjadi lebih sabar, untuk kembali fitrah sebagai kodratnya:coll



Nah saat menjelang hari Kemenangan selamat itu puncaknya kita merayakan Idul fitri/lebaran Hari dimana manusia kembali menjadi suci bersih dari segala dosa atau draw lah kita 0-0 gan



Biasanya dalam menyambut Hari yang fitri tersebut ada beberapa "tradisi yang terbilang unik" di Indonesia gan, salah satunya ritual Mudik :ngacir. Kegiatan Pulkam yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat yang pergi merantau* untuk mencari kerja maupun hanya sekedar menuntut ilmu.



Ane sendiri tidak melakukan tradisi "Mudik" ( karena saya lahir, besar dan tinggal di jakarta), maka ada beberapa tradisi-tradisi unik lainnya di Indonesia yang ane tunggu-tunggu dalam menyambut hari lebaran ini.

:request

1. Ketupat dan Opor Ayam. makanan ini biasanya "wajib" bagi keluarga ane, biasanya ane dan keluarga menyatap makanan ini habis sholat Ied berjamaah.

:request

2.Takbiran .Allahhu Akbar…3x……, kumandang takbir yang mengagungkan kebesaran Allah SWT, pasti sering kita dengar di masjid, mushala atau surau-surau di malam Idul fitri. bahkan ada sebagian masyarakat indonesia yang menyambut Idul fitri dengan melakukan Takbir Keliling dengan menggunakan truk maupun mobil* pick up dengan membawa bedug lengkap dengan peralatan soundsistemnya. ah,….ane tidak bisa membayangkan jika malam Idul fitri tanpa takbiran. bagaimana tuh :bingung?



3. Beli Pakaian baru :cool. sejak saya kecil membeli Pakaian baru menjelang lebaran adalah tradisi ini yang ane paling seneng:matabelo, tapi itu bukan jaminan, karena beberapa hari lalu saya membeli pakaian baru.



4. :matabeloTHR (Tunjangan Hari Raya). ini dia tradisi bagi-bagi "hadiah" yang paling ane tunggu setiap tahunnya. Ane yakin semua orang yang merayakan idul fitri pasti menanti tradisi ini, apapun bentuk "hadiahnya" yang namanya THR pasti senang aja. walaupun dalam hati banyak yang berharap di kasih "mentahnya" saja.

Selamat Iedul fitri 1433 H



Demikian gan sedikit share dari ane dan tolong diingat Hari raya dan kemenangan adalah milik orang-orang yang senantiasa bertambah ketaatannya dan terus berusaha meretas jalan menuju taqwa di sebelas bulan berikutnya."



Semoga kita termasuk orang-orang yang demikian. Amin :shakehand.