Sejumlah mainan memberikan efek yang tidak mendukung perkembangan anak.



Sebagai orangtua, sering kali kita merasa dilema ketika anak meminta mainan yang diinginkannya. Bujukan dan rengekan anak kerap menjadi godaan tersendiri bagi orangtua untuk tidak berpikir logis apakah mainan tersebut memberi manfaat positif atau malah merusak perkembangan.



Hendaknya orangtua memahami bahwa tidak semua mainan bermanfaat bagi anak. Sebaiknya hindari barang-barang di bawah ini jika ingin memberi hadiah pada si buah hati.



1. Mainan otomatis (robot)

Awalnya ketika melihat mainan yang bisa bergerak, berbicara, bersuara bahkan menari pasti akan lucu. Tapi lama kelamaan suara yang dikeluarkan akan sangat menyebalkan dan berisik. Mainan yang dapat berbunyi jika diisi dengan baterai ini adalah hadiah yang kurang berguna bagi sang buah hati.



2. Permainan Tali

Hanya satu kata, mengacaukan. Lebih baik jangan beri sang buah hati permainan yang berhubungan dengan tali, atau senar.



3. Mainan masak-masakan

Hampir semua mainan yang melibatkan panggang memaggang, masak-masakan, atau yang melibatkan makanan akan berakhir dengan diri Anda yang jadi kelinci percobaan. Permainan ini akan membuat anak merusak barang-barang.



4. Manik-manik

mereka memang terlihat bagus saat diletakkan di kotak pembungkusnya. tapi ketika manik-manik tersebut dibuka dari tempatnya, beberapa dari manik-manik tersebut akan beterbangan dan berserakan sebelum buah hatimu  memiliki kesempatan membuat kalung, atau gelang.



5. Karaoke anak

Apakah Anda bersedia mendengar lagu dari film Disney yang sama selama 20 kali dalam sehari? Mungkin ada baiknya berikan hadiah lain bagi sang buah hati.



6. Boneka Barbie

Mungkin boneka barbie masih bisa Anda beli untuk sang buah hati. Namun, dunia Barbie sangatlag majemuk. Lihat saja, ada banyak koleksi pakaian Barbie, belum asesorisnya, belum lagi sepatunya. Banyak sekali pengeluaran hanya untuk mendandani sebuah boneka barbie bukan. Mainan ini juga dinilai terlalu konsumtif dan tidak mengajarkan anak untuk kreatif.