Bentuknya memang kecil. Namun, dibalik bentuknya yang terlihat sangat imut itu, tersimpan sejumlah manfaat yang bisa mengkatrol kebutuhan energi tubuh untuk kelancaran beraktifitas selama bulan ramadan ini. 

Seperti dikutip Journal International of Sports Nutrition, kismis tercatat memiliki kandungan konsentrat gula yang lumayan tinggi.

Lewat proses dekristalisasi, buah anggur akan direndam dalam sari buah atau air mendidih untuk melarutkan gula alaminya. Hal inilah yang kemudian membuat kulit kismis terlihat kasar. 

Sebuah penelitian lain yang digelar oleh University of California, Amerika Serikat menyatakan, buah yang kecil ini merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh atlet saat menjalani latihan. 

"Tentunya bukan tanpa sebab, kismis selalu diberikan kepada atlet untuk membantu meningkatkan energi tubuh dan memulihkan stamina mereka," jelas seorang peneliti. 

Oleh karenanya, segeralah untuk mengkonsumsi kismis setelah menyantap sahur atau saat berbuka selama bulan ramadan ini untuk memulihkan kondisi tubuh, setelah seharian berpuasa.