Senin, 13 Agustus 2012

Rahasia Sukses untuk Menjaga Berat Badan Anak

Kegemukan dan obesitas tak lagi menjadi hal yang menakutkan bagi orang dewasa, masalah ini juga menjadi hal yang menakutkan bagi anak-anak. 


Walaupun dalam masyarakat kita masih melekat pendapat bahwa anak yang gemuk itu sehat, hal itu tidaklah benar. Anak-anak seharusnya memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan usia dan tinggi badannya. Dalam usia dini, penyakit 'orang tua' seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan lain sebagainya juga dapat terjadi pada anak akibat berat badan berlebih.
Lalu bagaimana agar anak-anak selalu memiliki berat badan yang ideal? Anak akan meniru orangtuanya, maka kunci sukses untuk anak memiliki berat badan yang ideal adalah berat badan Anda! Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Obesity seperti dilansir Newsmaxhealthmenunjukkan bahwa berat badan orang tua adalah faktor yang paling berpengaruh dan menjadi kunci sukses agar anak bisa menurunkan berat badannya dan mendapatkan berat badan ideal yang sehat.
"Orang tua adalah orang yang paling signifikan dalam lingkungan anak, mereka berperan sebagai pembimbing pertama dan paling penting untuk anak," ujar Kerri Boutelle, salah satu peneliti dari University of California, San Diego. "Orang tua memainkan peran penting dalam setiap program penurunan berat badan anak-anak, dan penelitian ini menegaskan pentingnya perilaku orang tua dalam membangun pola makan yang sehat serta disiplin olahraga untuk anak-anak mereka,"
Penelitian ini dilakukan pada 142 keluarga yang memiliki anak usia 8 hingga 12 tahun yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan obesitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai contoh yang bisa membuat anak-anak dengan mudah mendapatkan berat badan ideal yang lebih sehat. Orang tua terbukti menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak-anak mereka sendiri, terutama pada pemilihan menu makanan dan kegiatan fisik seperti olahraga.
Jika Anda memiliki anak yang memiliki berat badan berlebih dan menginginkan berat badan yang ideal untuk mereka, coba perhatikan terlebih dahulu berat badan Anda. Selain itu, hal lain yang harus Anda perhatikan untuk menjaga berat badan anak adalah pengaruh dari sekolah, pengaruh teman-teman bermain anak, kebijakan pemerintah, produksi pangan dan iklan yang menawarkan berbagai makanan anak yang tinggi kalori.