Menurut teori Kecerdasan Majemuk, setiap jenis kecerdasan memiliki metode/cara belajar yang berbeda-beda. Bukan berarti mereka tak bisa menerima metode/cara belajar yang lain. Tetapi, cara belajar tertentu memberikan penyerapan yang lebih baik bagi mereka. Inilah metode/cara belajar anak berdasarkan jenis-jenis kecerdasannya (“Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah”, Thomas Armstrong)
Metode Belajar Anak Cerdas Bahasa
- kuliah
- diskusi kelompok besar maupun kecil
- buku-buku umum
- kertas kerja
- buku pedoman
- brainstorming
- menulis
- permainan kata-kata
- sharing
- pidato siswa
- bercerita
- kaset/CD dan audiobook
- bicara di depan umum secara spontan
- debat
- menulis jurnal
- deklamasi
- membaca untuk diri sendiri
- membaca di depan kelas
- menghafalkan fakta-fakta linguistik
- merekam pembicaraan/pidato/wawancara
- menggunakan word processor
- publikasi (membuat majalah dinding)
Metode Belajar Anak Cerdas Matematis-Logis
- soal-soal matematika
- pertanyaan ala Socrates
- demonstrasi ilmiah
- latihan pemecahan dengan logis
- klasifikasi dan kategorisasi
- menciptakan kode
- game dan teka-teki logika
- kalkulasi dan kuantifikasi
- pemrograman
- penalaran ilmiah
- presentasi suatu topik dengan urutan logis
Metode Belajar Anak Cerdas Spasial
- grafik, diagram, peta
- visualisasi
- fotografi
- video, slide, dan film
- labirin dan teka-teki visual
- kotak perangkat konstruksi 3D
- apresiasi seni
- pembacaan cerita imajinatif
- metafora gambar
- berkhayal kreatif
- melukis, kolase, dan seni visual lain
- sketsa gagasan
- latihan berfikir visual
- simbol grafis
- mind-mapping dan pemetaan visual lainnya
- software grafis komputer
- mencari pola visual
- ilusi optik
- penggunaan warna
- kegiatan yang membangkitkan kesadaran visual
- software lukis-dan-gambar
- software merancang dengan bantuan komputer
- komik
Kecerdasan Kinestetis-Jasmani
- gerakan kreatif
- hands-on thinking
- karyawisata
- pantomim
- teater kelas
- game yang kooperatif dan kompetitif
- latihan kesadaran fisik
- semua bentuk kegiatan yang distimulasi gerak tubuh
- prakarya (craft)
- peta tubuh
- memasak, berkebun, dan kegiatan “yang menyibukkan” lainnya
- mengutak-atik barang
- virtual reality software
- konsep kinestetis-jasmani
- kegiatan pendidikan jasmani
- komunikasi dengan bahasa tubuh/isyarat
- latihan-latihan relaksasi fisik
Kecerdasan Musik
- konsep musik
- bernyanyi, bersiul, bersenandung
- memainkan lagu rekaman
- memainkan lagu dengan piano, gitar, atau alat musik lain
- bernyanyi bersama
- apresiasi musik
- bermain perkusi
- irama, lagu, rap, senandung
- menggunakan musik latar
- menghubungkan nada dengan konsep tertentu
- diskografi
- menciptakan melodi baru untuk suatu konsep
- mendengaran imaji musik dari dalam diri
- software musik
Kecerdasan Interpersonal
- kerja kelompok
- interaksi interpersonal
- menengahi konflik
- mengajari teman sekelas
- game dengan papan permainan
- tutorial antar-angkatan
- sesi curah gagasan dalam kelompok
- berbagi rasa dengan teman sekelas
- kegiatan kemasyarakatan
- magang
- simulasi
- perkumpulan akademis
- sofware interaktif
- pesta atau pertemuan sosial
Kecerdasan Intrapersonal
- belajar sendiri/mandiri
- momentum mengekspresikan perasaan
- pengajaran yang disusun sendiri
- game dan kegiatan individual
- ruang belajar pribadi
- sesi refleksi
- interest center
- hubungan materi pelajaran dengan kehidupan pribadi
- alternatif pilihan untuk pekerjaan rumah
- waktu memilih
- pengajaran-sendiri terencana
- terbuka untuk kurikulum yg membangkitkan inspirasi atau motivasi
- kegiatan yang mendukung penghargaan terhadap diri-sendiri
- mengumpulkan jurnal
- sesi perumusan tujuan
Kecerdasan Naturalis
- jalan-jalan di alam terbuka
- akuarium, terarium, dan ekosistem portabel lain
- berkebun
- membawa binatang piaraan ke kelas
- video, film, film layar lebar ttg alam
- peralatan studi alam (teropon, teleskop, mikroskop)
- studi ekologi
- tanaman sebagai dekorasi
- belajar dengan melihat keluar jendela
sumber : http://rumahinspirasi.com/belajar-berdasarkan-jenis-kecerdasan/