Rabu, 25 Juli 2012

Yuk Diet Sehat Alami Dengan Berpuasa

Banyak cara yang dilakukan oleh sebagian besar di antara kita untuk menyeimbangkan bentuk tubuh agar tampak lebih proporsional. Berbagai jenis diet dari yang alami sampai seharga jutaan rupiah ternyata belum mampu menurunkan berat badan dan menyeimbangkannya. Padahal, sebenarnya, diet alami yang ampuh bagi tubuh adalah puasa. Banyak orang yang belum mengetahui kelebihan puasa yang satu ini.



Menurut seorang ahli gizi asal Banjarmasin dalam grup facebook Gerakan Sadar Gizi, Pram Pramono, menyebutkan bahwa puasa memiliki khasiat tersendiri dan jauh lebih besar dibandingkan dengan pola diet yang banyak dikenal di pasaran.



"Dari berbagai jenis diet, puasa mempunyai keunggulan yang tidak dapat ditandingi metode diet lainnya yaitu kedisiplinan jadwal waktu makan. Puasa dengan jelas mengatur kapan boleh makan dan kapan harus mencegah makan termasuk lamanya tubuh tidak memperoleh asupan zat gizi yang ternyata berdampak pada perubahan metaolisme secara luar biasa di dalam tubuh." tulis Pramono.



Hal ini dikarenakan, pada saat puasa tubuh menghemat energi dan menurunkan Basal Metabolisme Rate (BMR), sehingga energi pada tubuh kita akan digunakan secara efisien. Selain itu, pada saat puasa terjadi penurunan pengeluaran hormon insulin dan hormon tiroid untuk menunjukkan BMR.

Di sisi lain, sebuah penelitian di Jepang menunjukkan adanya titik dehidrasi dan darah yang mengental pada akhir malam yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sehingga, saat sahur adalah saat yang tepat untuk mencairkan darah.



Tak hanya itu, puasa juga mempunyai keuntungan lain yaitu mengistirahatkan saluran pencernaan yang akan berdampak pada perbaikan sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu, puasa juga memiliki keuntungan lain seperti pengaturan hormon, detoksifikasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, untuk apa diet mahal, jika dengan puasa sudah cukup dan menyehatkan tubuh?

(vem/tik)



sumber : Vemale.com