Minggu, 12 Agustus 2012

Cara Jitu dan Efektif Mengurangi Sampah

Bagaimana Caranya Agar Kita Dapat Mengurangi Sampah Yang Sangat Banyak Itu ? Berikut Saya Akan Memberikan Tipsnya Untuk Sahabat ....



1. Kumpulkan Sampah Pada Tempatnya, Jangan Membuang Sampah Sembarangan. Membuang Sampah Di Sembarang Tempat Adalah Ciri Orang Yang Tidak "Beradab"


2. Pisahkan Masing-Masing Jenis Sampah, Misalnya Sampah Organik dan Non Organik



3. Lakukan Reduce (Kurangi), Re-Use (Gunakan Kembali), Recycle (Olah Kembali)



4. Jika Belanja Ke Mall, Toko Atau Super Market, Bawa Tas Kantong Belanja Sendiri, Anda Tidak Harus Selalu Menerima Bungkus Plastik Yang Diberikan Toko Tersebut. Kebanyakan Bungkus Plastik Hasil Belanja Tersebut Selalu Menjadi Sampah.



5. Jika Membeli Produk Pilihlah Produk Yang Meminimalkan Bungkus, Seringkali Suatu Produk Itu Dibungkus Secara Berlebihan dan Ini Akan Jadi Sampah.



6. Belilah Produk Yang Bisa Diisi Ulang, Karena Ini Akan Mengurangi Sampah Dari Botol Bekas Kemasannya



7. Jika Untuk Bepergian, Ke Kantor Atau Sekolah, Hindari Beli Air Kemasan (Aqua) Di botol-Botol Kecil, Akan Lebih Baik Jika Anda Membeli Botol Permanen Yang Bisa Dipakai berulang-Ulang dan Anda Tinggal Mengisi Ulang Airnya Saja, Tanpa Perlu Beli Botolnya Lagi.



8. Jika Anda Hendak Tamasya Atau Rekreasi Ke Alam, Selalu Bawa Kantong Sampah Sendiri, Karena Seringkali Ti Tempat Wisata Tersebut Tidak Disediakan Tempat Sampah. Bawa Pulang Sampah Non Organik Anda, Jangan Pernah Meninggalkannya Di Alam.



9. Ingatkan Jika Ada Orang Lain Sering Membuang Sampah.



10. Sediakan Tempat Sampah Dengan Jumlah Yang Cukup Di Rumah dan Kantor



11. Mulailah Dari Diri Sendiri, Keluarga, Lingkungan dan Yang Terpenting Mulailah Dari Sekarang