Kamis, 09 Agustus 2012

Tips Sukses, Paduan Niat Serta Tindakan

Memiliki niat untuk melakukan sesuatu adalah gagasan indah, tetapi sekedar niat tidak akan menyelesaikan sesuatu. Dunia begitu cepat berubah dan terbuka bagi siapa saja, hal ini dapat kita lihat dari penyebaran informasi dan inovasi baru setiap saat.


Informasi yang begitu banyak berseliweran yang seyogianya menjadi asset bisa saja sebagai penghalang. Seringkali perhatian kita teralihkan sehingga menyita sejumlah waktu untuk menindaklanjuti niat kita. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam banyak kasus, dan tidak jarang meninggalkan keraguan dan pertanyaan: apakah begitu sulit merealisasikan hal ini dan berapa lama lagi?


Ada yang mengatakan bahwa ada kekuatan tertentu di balik niat. Mengutip pendapat Dr Wayne Dyer dalam bukunya The Power of Intention:


"Niat bukanlah sesuatu yang Anda lakukan, melainkan kekuatan yang ada di alam semesta sebagai medan energi tak terlihat – sebuah kekuatan yang dapat menggerakkan kita. Inilah perbedaan antara motivasi dan inspirasi.”


Motivasi adalah ketika Anda mendapatkan sebuah ide dan tidak melepaskannya sampai Anda mewujudkannya. Inspirasi adalah kebalikannya, ketika ide terus bercokol di pikiran, dan Anda merasa bersemangat dan membiarkan energi tersebut tetap melekat dalam pikiran kemana pun Anda pergi. Lihatlah atlet besar, musisi, seniman, dan penulis. Mereka semua memanfaatkan sumber energi motivasi dan inspirasi."
Tindakan, di sisi lain, melibatkan gagasan perwujudan kreasi. Ketika tindakan digabungkan dengan niat, maka akan tercipta suatu kreasi.


Orang bisa saja bertindak tanpa niat. Dalam situasi yang demikian, kreasi yang terwujud tidak memiliki fokus. Misalnya, bekerja tanpa niat, maka pekerjaan itu akan terasa sebagai beban, bukan kesenangan. Tentu saja, hasilnya tidak semaksimal bila pekerjaan dilakukan dengan niat dan fokus.


Akhirnya semua ini akan kembali pada bagaimana kita memanajemen cara hidup. Fokus pada aspek-aspek yang lebih memuaskan hidup adalah hal bijaksana. Namun, setiap orang punya tingkat kemampuan, keinginan dan kebutuhan yang berbeda.


Niat tentu saja merupakan hal yang begitu penting, namun berjalan dengan niat saja tidaklah cukup, diperlukan tindakan yang menyertainya. Bila Anda memiliki niat dan minat akan sesuatu, ada baiknya tidak menunggu-nunggu bila niat tersebut layak untuk ditindaklanjuti.


sumber : www.tipsmu-tipsku.com